Pertamina Jamin Pasokan BBM dan Elpiji untuk Natal dan Tahun Baru Tercukupi

Kompas.com - 21/12/2015, 12:24 WIB
SPBU COCO  31.164.01 di Jalan Margonda, Depok Azwar Ferdian/KompasOtomotifSPBU COCO 31.164.01 di Jalan Margonda, Depok
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji selama perayaan Hari Raya Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 tercukupi.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, stok rata-rata BBM nasional saat ini berada pada level rata-rata di atas 20 hari. Terdiri dari Premium 17 hari, solar 23 hari, dan avtur 32 hari.

Wianda menuturkan, konsumsi Premium selama periode 21 Desember 2015 hingga 8 Januari 2016 diperkirakan 3 persen di atas rata-rata penyaluran normal, atau menjadi 78.741 kiloliter (KL) per hari.

Konsumsi solar turun sekitar 4 persen menjadi 36.538 KL per hari. Adapun, konsumsi avtur diperkirakan 13,2 persen di atas penyaluran normal, atau mencapai sekitar 13.438 KL per hari.

Sementara itu, stok elpiji pada periode yang sama mencapai rata-rata 17 hari. Konsumsi elpiji masyarakat hingga 8 Januari 2015 diperkirakan 5,35 pesen di atas rata-rata pasokan harian normal menjadi 21.398 metrik ton per hari.

"Untuk pengamanan stok BBM dan elpiji selama Natal dan Tahun Baru, Pertamina telah membentuk Posko Satgas BBM dan elpiji di Kantor Pusat dan seluruh kantor region Pertamina yang akan beroperasi aktif terhitung mulai 21 Desember 2015 hingga 8 Januari 2016," ujar Wianda melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (21/12/2015).

Pertamina, lanjut Wianda, juga memastikan terminal BBM dan SPBU beroperasi 24 jam, khususnya di jalur-jalur wisata atau pusat perayaan Natal dan Tahun Baru.

Perseroan juga memonitor stok BBM dan elpiji dengan sistem komputerisasi, menyiapkan mobil tangki isi BBM dan elpiji standby di SPBU di jalur rawan kemacetan, serta menyiapkan contra flow bekerjasama dengan Kepolisian untuk antisipasi stagnasi mobilitas mobil tangki BBM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.