Ada Penghematan Rp 14,1 Triliun Per Tahun dengan ATM Himbara

Kompas.com - 21/12/2015, 15:39 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Himbara diyakini akan membawa manfaat bagi bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan masyarakat. Menurut Ketua Himbara Asmawi Syam, biaya pengelolaan ATM bisa dihemat sebesar Rp 6,8 triliun. Sedangkan, penghematan biaya transaksi bisa mencapai Rp 7,3 triliun per tahun. "Tujuan sinergi antara empat  bank BUMN ini memberikan dampak posesif terhadap efisiensi untuk bank dan untuk nasabah," ujar Asmawi dalam acara peluncuran ATM Himbara di Pusat Grosir Tanah Abang, Jakarta, Senin (21/12/2015).

Penghematan pengelolaan ATM oleh bank-bank BUMN tersebut bisa dilakukan karena pembelian ATM tak lagi ditanggung oleh satu bank melainkan oleh empat bank. Selain itu ada pula penghematan dari biaya operasional misalnya pemeliharaan dan pembayaran listrikyang ditanggung bersama-sama.

Sementara manfaat untuk nasabah adalah dengan adanya pemangkasan biaya transaksi. Misalnya, biaya transfer. "Tarif transaksi transfer antar-bank Himbara turun dari Rp 6.500 menjadi Rp 4.000. Sedangkan, tarif tunai menjadi Rp 500," kata Asmawi.

Hari ini, keempat bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN meluncurkan 50 ATM Himbara untuk daerah Jakarta dan sekitarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.