BKPM: Produser K-Pop Siap Investasi di Industri Kreatif Nasional

Kompas.com - 21/12/2015, 16:49 WIB
Kepala BKPM, Franky Sibarani Ambaranie Nadia K.MKepala BKPM, Franky Sibarani
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan industri kreatif ternama Korea Selatan atau lebih dikenal dengan industri K-Pop yang memproduksi film, musik, entertainment, dan animasi, tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyebutkan, mereka akan masuk untuk menanamkan dana di sektor produksi film bersama dengan industri perfilman nasional.

"Investasi dari sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu poin yang mengemuka," kata Franky dalam penjelasan resminya, Senin (21/12/2015).

Dari data realisasi investasi yang dikeluarkan oleh BKPM periode Januari-September 2015, Korea Selatan menempati peringkat keempat dengan nilai investasi 1,0 miliar dollar AS yang meliputi 1.529 proyek.

Posisi Korea Selatan tersebut di bawah Singapura, yang menempati posisi teratas, yakni 3,55 miliar dollar AS dengan 1.999 proyek; dan Malaysia 2,9 miliar dollar AS dengan 600 proyek.

Posisi selanjutnya diduduki oleh Jepang dengan nilai investasi mencapai 2,5 miliar dollar AS dengan 1.318 proyek.

"Selain itu, perusahaan Korea Selatan tersebut juga telah memiliki perusahaan patungan dengan perusahaan Vietnam dengan porsi kepemilikan saham 51 persen atau mayoritas. Penjelasan yang disampaikan menunjukkan kesiapan perusahaan Korsel tersebut untuk melakukan ekspansi ke negara-negara baru di Asia," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.