Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Kembali Melaju

Kompas.com - 23/12/2015, 06:48 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa AS kembali melaju pada perdagangan Selasa (22/12/2015) waktu setempat. Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 naik 0,9 persen menjadi 2.038,97.

Sementara indeks Dow Jones Industrial Average melesat 1 persen menjadi 17.417,27. Adapun indeks Nasdaq Composite naik 0,7 persen. Volume transaksi perdagangan hari ini melibatkan 6,4 miliar saham atau 12 persen di bawah transaksi rata-rata tiga bulanan.

Kenaikan Wall Street pada transaksi ini seiring dengan lompatan harga komoditas. Asal tahu saja, sektor yang paling terpuruk tahun ini -energi dan bahan baku- kemarin memimpin kenaikan di antara sektor-sektor lainnya.

Sejumlah saham yang turut mempengaruhi pergerakan bursa AS antara lain: Caterpillar Inc yang mencatatkan kenaikan tertingginya dalam dua bulan terakhir, Wal-Mart Stores Inc naik 1,7 persen, dan Chipte Mexican Grill yang mengalami penurunan.

Selain itu, bursa AS juga disokong oleh data anggaran belanja konsumen yang positif. Data yang dirilis hari ini juga menunjukkan, ekonomi AS tumbuh 2 persen pada kuartal III. Kenaikan ekonomi disokong oleh tingginya anggaran belanja konsumen.

"Mayoritas data sudah dirilis pada tahun ini, dan kita akan melihat adanya penurunan volume transaksi. Data PDB akan memberikan kita gambaran yang sama bahwa konsumer berada di posisi yang masuk akal dan tingkat ekspor masih akan tertekan," jelas Michael Arone, chief investment strategist State Street Global Advisor's US Intermediary Business. (Barratut Taqiyyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KONTAN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com