Rizal Ramli: Sudah Waktunya Harga BBM Diturunkan

Kompas.com - 23/12/2015, 17:22 WIB
Ilustrasi: SPBU di Meulaboh Aceh KOMPAS.com/ RAJA UMARIlustrasi: SPBU di Meulaboh Aceh
|
EditorFidel Ali

JAKARTA, KOMPAS.com — Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan, harga bahan bakar minyak atau BBM harus diturunkan. Hal ini disebabkan oleh faktor harga minyak dunia yang sedang merosot pula.

"Sekarang memang sudah waktunya harga BBM diturunkan karena harga energi dunia sedang merosot juga," ujar Rizal di kantor BPPT, Rabu (23/12/2015).

Menurut Rizal, ada beberapa hal yang membuat harga minyak dunia anjlok. Salah satunya adalah kondisi ekonomi dunia saat ini yang sedang mengalami pelambatan. Hal ini berimbas pada berkurangnya permintaan dunia pada minyak.

"Akibatnya, harga energi di seluruh dunia turun," tutur dia.

Selain itu, Rizal juga menuturkan, suplai minyak dunia yang meningkat berpengaruh pada merosotnya harga minyak. (Baca: Harga BBM Turun, Ini Kata Pertamina)

Terlebih lagi, kata Rizal, baru-baru ini Rusia menemukan ladang minyak baru. Dia mengatakan, penemuan ladang minyak ini memberikan pengaruh besar pada harga minyak di seluruh dunia.

Dengan beberapa alasan di atas, dia mengatakan, kini adalah waktu yang tepat untuk menurunkan harga BBM. (Baca: Jonan: Kalau Harga BBM Turun Signifikan, Tarif Angkutan Akan Disesuaikan)

Namun, Rizal enggan berpendapat ketika ditanya soal jumlah penurunan yang ideal untuk saat ini. Dia hanya mengatakan, pihaknya sedang kaji persoalan ini.

"Kita memang perlu menurunkan. Hanya, mengenai berapanya dan sebagainya, itu masih dalam diskusi," pungkas Rizal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.