Kompas.com - 28/12/2015, 10:15 WIB
Ilustrasi THINSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena
SINGAPURA, KOMPAS.com — Harga minyak dunia kembali jatuh pada perdagangan Senin (28/12/2015) seusai libur panjang hari raya Natal.

Minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan pada posisi 37,91 dollar AS per barrel, turun 19 sen dari sebelumnya.

Sementara itu, harga minyak Brent turun 18 sen menjadi 17,1071 dollar AS per barrel.

"Secara umum, pasar lemah sehingga tren yang terjadi adalah harga masih rendah. Namun, perhatikan pergerakan tajam pada hari pada likuiditas yang rendah antara Natal dan Tahun Baru," kata seorang trader minyak, seperti dikutip Reuters.

Pasar minyak AS mengetat pada bulan Desember menyusul menurunnya aktivitas pengeboran dan prospek ekspor minyak mentah setelah pelarangan selama 40 tahun.

Pada saat yang bersamaan, pasar minyak internasional masih mengalami kelebihan pasokan karena produksi sejumlah negara, seperti Rusia dan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), antara 1,5 juta barrel dan 2 juta barrel setiap hari. 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Reuters
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.