JK Tantang Buktikan Tudingan Aksa Mahmud Dapat 40 Persen Saham Smelter Freeport

Kompas.com - 28/12/2015, 22:32 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla KOMPAS.com/Sabrina AsrilWakil Presiden Jusuf Kalla
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah isu yang menuding Aksa Mahmud akan mendapatkan 40 persen saham smelter Freeport di Papua muncul ke permukaan.

Saham itu disebut-sebut sebagai imbalan apabila salah satu keluarga Wakil Presiden Jusuf Kalla itu berhasil mengusahakan perpanjang kontrak Freeport.

Aksa Mahmud Jusuf merupakan ipar Wapres Jusuf Kalla. Meski Kalla mengaku tak tahu kabar tersebut, namun dia menantang pihak-pihak yang mengeluarkan isu itu untuk membuktikan tudingannya.

"Saya tidak tahu (soal 40 saham itu). Pokoknya begini saja deh. Kalau tidak benar, dia (penuding) denda mesti bayar," ujar Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (28/12/2015).

"Kalau ada benar, proyek smelter dibangun oleh Aksa, ambil saja keuntunganya. Tapi kalau tidak, mesti bayar jumlah yang sama. Hati-hati. Teken di muka," kata dia.

Sebelumya, Jusuf Kalla heran pertemuan antara anggota keluarganya, Erwin Aksa, dengan bos Freeport McMoran, James R Moffett alias Jim Bob, dipersoalkan sebagian anggota DPR RI.

Menurut Wapres, pertemuan anggota keluarganya itu dengan Moffet murni pertemuan antara pengusaha dan pengusaha.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, tutur Kalla, saudaranya itu sudah kenal lama dengan Moffet. Namun, Kalla mengaku tidak tahu-menahu soal pertemuan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.