Bursa AS dan Eropa Dibayangi Merosotnya Harga Minyak dan Perekonomian China

Kompas.com - 28/12/2015, 23:04 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

PARIS, KOMPAS.com - Bursa global sebagian besar melemah merespon prospek perekonomian China serta harga minyak yang kembali berada di posisi terendahnya.

Kondisi ini menyebabkan investor tak bisa merealisasikan keuntungan mereka. Sementara pada saat yang sama banyak pelaku pasar yang libur akhir tahun.

Wall Street melemah 0,5 persen pada awal perdagangan dan indeks teknologi tinggi, Nasdaq turun sebesar 0,4 persen.

Namun demikian, saham perusahaan hiburan Disney melompat menyusul suksesnya film "Star Wars" yang berhasil memecahkan rekor penjualan tiket. Selain itu, saham Amazon juga menghijau menyusul banyaknya pembelian yang dilakukan konsumen pada libur akhir tahun.

Masih dari New York, kontrak minyak jenis WTI untuk pengiriman Februari dibuka melemah 89 sen dollar AS per barel menjadi 37,21 dollar AS per barel.

Adapun bursa Eropa juga menghadapi pelemahan yang disebabkan oleh terus merosotnya harga minyak serta perekonomian negara-negara berkembang di Asia yang melemah.

Dari bursa Paris, CAC 40 kembali mencatatkan penurunan, di mana pada pembukaan pasar hari ini turun sebesar 0,7 persen, sedangkan indeks DAX Frankfurt Jerman melemah 0,6 persenpada pertengahan hari ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bursa AS dan Eropa tetap mencoba bertahan dari berfluktuasinya pasar hingga libur akhir tahun.

"Pada hari-hari libur, kemungkinan tidak ada pergerakan yang berarti pada pasar finansial," ujar analis Barclays, Philippe Cohen sebagaimana dikutip dari AFP, Senin (28/12/2015).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber AFP
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.