Kompas.com - 29/12/2015, 18:19 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina memastikan tidak akan ada impor solar mulai Januari 2016. Pasalnya, suplai solar dari kilang minyak lokal dinilai sudah mencukupi kebutuhan di dalam negeri.

"Dipastikan tidak ada impor. Dari kalkulasi kita kebutuhan solar nasional tahun depan sudah tercukupi oleh kilang lokal," ujar Vice President Supply & Distribution PT Pertamina (Persero), Fariz Aziz di Jakarta, Selasa (29/12/2015).

Menurut dia, salah satu penyebabnya adalah bertambahnya kilang minyak lokal yang menyuplai solar untuk tahun 2016. Kata Faris, ada 8 kilang minyak dalam negeri yang menyuplai solar ke Pertamina.

"Selesainya kilang TPPI di Jawa Timur dan kilang RFCC di Cilacap menambah kuota suplai solar yang dimiliki Pertamina," ujar Faris.

Selain itu, Faris juga mengatakan selama enam bulan terakhir tren penggunaan solar di Indonesia menurun. 

"Penyebabnya adalah ekonomi masyarakat yang sedang stagnan, jadi permintaan solar cenderung turun," ujar dia.

Terakhir, dia mengatakan kebutuhan solar tahun depan juga tidak akan tinggi. Karena tahun depan Pertamina berencana untuk meningkatkan kadar Fatty Achid Methyl Esters (FAME) yang dicampur pada solar.

"Kita tingkatkan hingga 80 persen. Tahun ini baru 20 persen. Jadi tahun depan kita tak butuh banyak impor solar," ucap Faris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.