BTN Berlakukan Kebijakan 1520 untuk KPR, Apa Itu?

Kompas.com - 30/12/2015, 00:43 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono menyatakan pihaknya terus fokus untuk menjalankan bisnis sebagai bank yang berkonsentrasi di sektor properti.

Oleh sebab itu, perseroan terus menggenjot penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR).

Maryono menjelaskan, perseroan pun mengemban amanat pemerintah untuk menyediakan 1 juta rumah bagi masyarakat.

Terkait hal ini, perseroan memberikan fasilitas yang mudah agar semakin banyak masyarakat yang mampu memiliki rumah dengan metode KPR. Kemudahan tersebut direalisasikan dengan kebijakan 1520.

Maryono menuturkan, kebijakan ini maksudnya adalah uang muka minimal 1 persen, bunga 5 persen, dan tenor 20 tahun.

"BTN mengeluarkan kebijakan uang muka minimal 1 persen. Ini betul-betul ide dari BTN," kata Maryono kepada wartawan di Jakarta, Selasa (29/12/2015).

Adapun bunga yang ditetapkan sebesar 5 persen, imbuh Maryono, dipandang sangat membantu apalagi di tengah kondisi ekonomi yang melambat. Sehingga, beban nasabah dalam pengajuan KPR menjadi ringan.

"Fasilitas bunga persen dampaknya permintaan KPR meningkat. Ada bantuan uang muka juga, tapi bagi pegawai negeri sipil dan pekerja yang anggota BPJS," jelas Maryono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.