Kompas.com - 06/01/2016, 09:27 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot, Rabu (6/1/2016) kembali bergerak di zona merah, setelah kemarin menguat.

Data Bloomberg menunjukkan, pukul 09.00 WIB, mata uang garuda berada di posisi Rp 13.903 per dollar AS, lebih lemah dibandingkan penutupan kemarin pada 13.392.

Pada pembukaan, rupiah sebenarnya sempat menguat hingga posisi 13.813. Namun beberapa saat kemudian, terus melorot hingga menembus level 13.900.

Kemarin, rupiah berhasil  menguat 0,37 persen ke 13.892. Sedangkan kurs tengah rupiah di Bank Indonesia melemah 0,27 persen ke 13.931.

David Sumual, Ekonom Bank Central Asia, menuturkan, penguatan rupiah hanya rebound teknikal dan rekalkulasi yang dilakukan pelaku pasar secara global, setelah gejolak bursa China mereda.

Tekanan secara global mereda dan menguntungkan mata uang emerging market termasuk rupiah.

“Ya, bisa dikatakan ini saat mencari posisi tengah rupiah setelah jatuh dalam,” ujar David seperti dikutip Kontan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.