Tingkatkan Pendapatan Petani Tanpa Kerek Inflasi, Ini Rencana Pemerintah

Kompas.com - 11/01/2016, 17:07 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah memikirkan cara meningkatkan pendapatan petani tanpa harus mengerek inflasi.

Selama ini, pendapatan petani meningkat saat harga pangan meningkat. Sementara kenaikan harga pangan justru memiliki dampak kepada kenaikan angka inflasi.

Oleh karena itu pemerintah berencana melakukan efisiensi sistem logistik.

"Karena penerimaan petani itu bisa dengan menaikan harga beraskan. Nah bagaimana caranya supaya bukan itu yang dilakukan tapi dengan membuat jaringan distribusi lebih efisien," ujar Darmin di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (11/1/2016).

Menurut Darmin, dengan efesiensi sistem logistik, pendapatan petani bisa tetap baik. Di sisi lain, masyarakat sebagai konsumen tetap mendapatkan harga yang terjangkau.

Hanya saja, tutur dia, melakukan efisiensi sistem logistik bersifat jangka panjang. Oleh karena itu, yang bisa dilakukan adalah memperluas tugas Bulog sehingga memiliki jaringan logistik semakin efisien.

Saat ini sistem logistik di Indonesia dianggap belum berjalan dengan baik karena keterbatasan infrastuktur. Akibatnya, harga pangan bisa sangat jauh berbeda dengan harga yang dijual petani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.