OJK Ingin Fokus Dorong Perkembangan UMKM dan Pengusaha Pemula

Kompas.com - 16/01/2016, 08:31 WIB
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman Darmansyah Hadad. KOMPAS.com/SRI LESTARI Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman Darmansyah Hadad.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad menyatakan, pihaknya akan fokus pada peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pengusaha pemula.

Dua sektor ini harus menjadi prioritas. "Untuk mendukung pertumbuhan perekonomian, maka perluasan akses keuangan bagi UMKM dan pengusaha pemula perlu menjadi prioritas," kata Muliaman, Jumat (15/1/2016).

Muliaman berpandangan, upaya perluasan akses keuangan bagi kedua sektor tersebut akan lebih memberdayakan UMKM dan usaha pemula.

Dengan demikian, hal itu akan berkontribusi secara signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, dan ujungnya akan berimbas pada pengurangan ketimpangan.

"Saya percaya, dengan kontribusi UMKM sebesar 60 persen dari PDB dan menyerap 97 persen tenaga kerja, upaya ini juga akan mendorong peningkatan basis produksi di dalam negeri," jelas Muliaman.

Untuk itu diperlukan upaya peningkatan kapasitas UMKM dan pengusaha pemula melakui berbayai program pendampingan.

Selain itu, pemerintah juga telah meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan suku bunga yang relatif terjangkau serta cakupan usaha yang lebih luas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

OJK, kata dia, akan memfasilitasi agar lebih banyak bank dan industri keuangan nonbank (IKNB) yang memenuhi syarat untuk menyalurkan KUR.

Ia meyakini, pelaksanaan KUR yang bertanggung jawab akan berdampak signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.