Bunga Bank Masih Tinggi, JK Minta Pola Pikir Otoritas Moneter Diubah

Kompas.com - 16/01/2016, 14:57 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla di Bursa Efek Indonesia  (BEI), Jakarta, Rabu (30/12/2015) YOGA SUKMANA/KOMPAS.COMWakil Presiden Jusuf Kalla di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (30/12/2015)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla ingin ada perubahan pola pikir pada semua pemangku kebijakan di otoritas moneter Indonesia.

Saat ini menurutnya, ada pikiran bahwa ekonomi Indonesia tidak akan tumbuh pesat dengan besaran bunga perbankan single digit atau di bawah 10 persen.

Kalla menilai hal itu sebagai suatu kesalahan pola pikir. Padahal, dengan bunga tinggi justru masyarakat tidak akan berani berusaha. Jiwa-jiwa entrepreneur mati dan tak akan tumbuh.

"Bunga tinggi banyak akibat-akibat yang negatif juga. Kalau bunga tinggi, deposito akan lebih tinggi. Berarti orang akan kekurangan daya entrepreneurship. Jadi lebih baik dengan bunga daripada berusaha," ujar Kalla Jumat (15/1/2016) malam.

Seharusnya kata Wapres, semua pemangku kebijakan di otoritas moneter Indonesia mendidik masyarakat untuk hidup berusaha, bukan dimanjakan dengan besaran bunga deposito yang tinggi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.