Harga Emas Turun Tipis di Bawah 1.000 dollar AS per Troy Ounce

Kompas.com - 21/01/2016, 10:30 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko
SINGAPURA, KOMPAS.com - Harga emas dunia diperdagangkan mendekati level 1.100 dollar AS per troy ounce setelah reli ke level tertingginya dalam dua pekan, Kamis (21/1/2016).

Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 09.26 waktu Singapura, harga kontrak emas untuk pengantaran segera diperdagangkan di posisi 1.099,95 dollar AS per troy ounce.

Kemarin, harga kontrak yang sama berada di 1.100,92 dollar AS per troy ounce, yang merupakan posisi tertinggi sejak 8 Januari lalu.

Harga emas masih mencoba mendekati level 1.100 dollar AS seiring tingginya tingkat permintaan emas sebagai save haven di tengah aksi jual yang melanda pasar saham global.

Sekadar informasi, sepanjang 2016 ini, harga emas sudah mendaki sebesar 3,7 persen seiring anjloknya pasar saham global sebesar 10 persen.

Popularitas emas semakin mendaki pada bulan ini akibat melemahnya ekonomi China dan penurunan tajam harga minyak dunia.

"Saat ini, investor melakukan penyebaran risiko meski banyak hal yang terjadi di pasar seperti perlambatan China dan rendahnya harga minyak. Pasar benar-benar bertransaksi tanpa rasa takut," jelas Barnabas Gan, ekonom Oversea-Chinese Banking Corp. (Barratut Taqiyyah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber KONTAN
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.