Diresmikan Presiden, 10 Pabrik Ini Akan Serap 11.727 Tenaga Kerja

Kompas.com - 23/01/2016, 08:47 WIB
|
EditorErlangga Djumena
WONOGIRI, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo hari ini meresmikan Program Investasi Menciptakan Lapangan Kerja tahap III, mencakup wilayah Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Program ini merupakan salah satu program pemerintah untuk mendorong investasi padat karya yang menyerap banyak tenaga kerja.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program dalam tema besar investasi untuk rakyat yang bertujuan memaksimalkan pemanfaatan investasi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani dalam Peluncuran Program Investasi Menciptakan Lapangan Kerja Tahap III dan Peresmian Pabrik PT Nesia Pan Pacific Clothing di Wonogiri, Jumat (22/1/2016).

Franky menjelaskan, dalam tahap III ini, BKPM melibatkan 10 perusahaan yang terdiri dari 8 PMA (Penanaman Modal Asing) dan 2 PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri). Total rencana investasi mencapai Rp 12,5 triliun. Adapun yang sudah terealisasi Rp 5,49 triliun.

Sementara itu, total rencana ekspor mencapai 471 juta dollar AS. Sepuluh perusahaan tersebut direncanakan menyerap tenaga kerja sebanyak 11.727 orang selama periode 2015 hingga 2019.

"Apabila melihat angka khusus periode tahun 2015-2016, tercatat 10 perusahaan tersebut melakukan rekrutmen untuk 7.232 orang tenaga kerja," terang Franky.

Di samping itu, Franky pun menekankan pengambilan fokus wilayah Indonesia timur guna mendukung fokus pemerintah untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah.

Selain itu, program ini juga ingin menunjukkan bahwa Indonesia timur masih menarik bagi investor, baik asing maupun dalam negeri. 10 perusahaan tersebut antara lain PT Graha Alam Lestari, PT Sukses Mantap Sejahtera, PT Lombok Energy Dynamics, PT Shang Che Garamindo, PT Batutua Tembaga Raya, PT Megah Surya Pertiwi, PT Nabire Baru, PT ANJ Agri Papua, PT Bio Inti Agrindo, dan PT Shambhala Payangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.