Kompas.com - 25/01/2016, 07:00 WIB
Presiden Joko Widodo berbincang dengan karyawan PT Nesia Pan Pacific Clothing di Wonogiri, Jumat (22/1/2016). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANPresiden Joko Widodo berbincang dengan karyawan PT Nesia Pan Pacific Clothing di Wonogiri, Jumat (22/1/2016).
|
EditorErlangga Djumena
SURAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah meresmikan pabrik tekstil PT Nesia Pan Pacific Clothing di Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah. Pabrik yang dibangun investor asal Korea Selatan ini memproduksi pakaian jadi yang seluruhnya diekspor ke Amerika Serikat dan Korea.

CEO Pan Pacific Group Suk-won Lim menjelaskan, pihaknya sudah membuka bisnis di Indonesia sejak tahun 1990-an. Kemudian, pada tahun 2007 silam, pihaknya pun mendirikan pabrik di Salatiga, Jawa Tengah.

"Infrastruktur (di Jawa Tengah) bagus untuk bisnis kami. Oleh karena itu, kami sedang mencari tempat untuk mengekspansi bisnis. Kami bertemu Wonogiri, maka kami membuka bisnis separuh di sini dan ekspansi usaha kami," ujar Lim kepada wartawan di pabrik PT Nesia Pan Pacific Clothing di Wonogiri, Jumat (23/1/2016).

Lim mengatakan, ketika pihaknya ingin mengekspansi bisnis di Indonesia, lokasi pabrik yang dicari adalah di kawasan Salatiga, Semarang, dan Solo. Namun, pada akhirnya pilihan jatuh ke Wonogiri lantaran posisi daerah yang relatif tinggi, sehingga tembusan angin cukup bagus.

Terkait produksi, Lim memaparkan, Pan Pacific Group menargetkan produksi 30 juta potong pakaian jadi dalam 3 tahap selama 4,5 tahun di 7 pabriknya di Indonesia. Adapun target tahap pertama adalah 8 juta potong per tahun.

"Ekspor ke Eropa dan Amerika Serikat, itu 70 persen ke AS dan 30 persen ke negara lain. Produksi tahap pertama buyer kami H&M dan Gap 100 persen ekspor," terang Lim.

Saat ini, pabrik tersebut masih menggunakan 20 persen bahan baku dari Indonesia. Ke depan, Lim mengaku pihaknya akan menambahkan bahan baku asal Indonesia hingga mencapai 50 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.