Kompas.com - 25/01/2016, 07:22 WIB
Kapal pengangkut ternak Kapal Motor (KM) Camara Nusantara I adalah satu dari enam kapal ternak yang dibangun Kementerian Perhubungan. KM Camara Nusantara 1 dengan panjang 68 meter dan lebar 14 meter berkapasitas 500 ekor sapi. KM Camara Nusantara I dibangun di galangan Bangkalan, Madura. 

Kementerian PertanianKapal pengangkut ternak Kapal Motor (KM) Camara Nusantara I adalah satu dari enam kapal ternak yang dibangun Kementerian Perhubungan. KM Camara Nusantara 1 dengan panjang 68 meter dan lebar 14 meter berkapasitas 500 ekor sapi. KM Camara Nusantara I dibangun di galangan Bangkalan, Madura.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pastikan Kapal Ternak Camara Nusantara 1 akan kembali melakukan pelayaran (voyage) pada 2 Februari 2016 mendatang. Jaminan keterisian ternak pun sudah ada setelah Kemenhub menggelar rapat dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dan PT Pelni.

Seperti diberitakan,  pada pelayaran kedua Desember 2015 lalu, kapal ternak pulang tanpa membawa seekor pun ternak. Padahal, Presiden Jokowi menyediakan kapal itu khusus untuk mengangkut ternak.

"Dua voyage berikutnya akan dikoordinasikan kembali dengan Kementan yang siap jumlah muatan sapinya," ujar Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bobby R. Mamahit, Jakarta, Jumat (22/1/2016).

Menurut dia, rapat dengan Kementan dan Pelni juga memutuskan untuk menambah dua pelabuhan pengumpul (loading) yakni di Waingapu (NTT) dan Lembar (NTB).

Pada pelayaran perdana tahun ini tanggal 2 Februari 2016 nanti, pemerintah sudah memastikan akan ada sekitar 400 ekor sapi yang akan diangkut.

Sebelumnya, pada pelayaran perdana yakni 6-11 Desember 2015, kapal tersebut berhasil membawa 353 sapi ke Jakarta. Sayangnya pada pelayaran kedua, kapal ternak tidak membawa seekor pun sapi. (baca: Pengusaha NTT Enggan Jual Sapi Lewat Kapal Ternak?)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.