Saham AS Turun, Harga Emas Naik Menembus 1.100 Dollar AS

Kompas.com - 26/01/2016, 08:09 WIB
EditorErlangga Djumena
CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada Senin (25/1/2016) waktu setempat (Selasa pagi WIB), dipicu oleh pelemahan di pasar saham AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari naik 9 dollar AS, atau 0,82 persen, menjadi 1.105,30 dollar AS per ounce.

Emas mendapat dukungan karena indeks Dow Jones Industrial Average AS turun, dipimpin oleh pelemahan di sektor energi karena harga minyak merosot kembali. 

Para analis mencatat bahwa ketika ekuitas membukukan kerugian maka logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman. 

Logam mulia mendapat dukungan lebih lanjut karena indeks dollar AS melemah. Emas dan dollar AS biasanya bergerak berlawanan arah.  Jika mata uang AS itu menguat maka emas berjangka akan jatuh, karena emas yang diukur dengan dollar AS menjadi lebih mahal bagi investor.

Sementara perak untuk pengiriman Maret naik 19,7 sen, atau 1,40 persen, menjadi 14,254 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 29,9 dollar AS, atau 3,60 persen, menjadi 861,50 dollar AS per ounce.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.