Kelompok Ini Sebut Ada Kerugian jika Gas dari Blok Masela Dikelola di Darat

Kompas.com - 26/01/2016, 19:06 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
AMBON, KOMPAS.com - Koalisi Masyarakat Selamatkan Lingkungan menyebut akan ada yang dikorbankan jika pengelolaan blok gas Masela dipaksakan dilakukan di darat.

Mereka mengingatkan para pembuat kebijakan agar jangan hanya berdebat soal manfaat penciptaan lapangan kerja dalam jangka pendek.

Menurut juru bicara Koalisi Masyarakat Selamatkan Lingkungan, Azis Tunny, Inpex-Shell sudah merintis pembangunan kilang terapung sejak tahun 1998, dan sama sekali tidak memikirkan dan merancang kilang darat.

“Bagi investor, terapung atau tidak sama sekali,” katanya di Kafe Tampayang Ambon, Senin (25/1/2016).

Dia menyebut, jika pengolahan gas dilakukan di darat, lingkungan yang akan dikorbankan.

Selain lingkungan, masalah sosial juga diprediksi akan muncul. “Artinya, akan ada migrasi besar-besaran tenaga kerja dari luar Maluku. Siapa bisa menjamin tidak ada pergesekan budaya dan sosial? Berapa harga risiko terjadinya konflik sosial?”katanya.

Hingga saat ini masih ada tarik ulur dalam pengembangan Blok Masela. Di satu sisi, Kemenko Kemaritiman ingin agar pengolahan gas dilakukan di darat. Sementara itu Kementerian ESDM ingin agar pengolahan dilakukan secara terapung di laut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.