Kompas.com - 27/01/2016, 16:58 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo. KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SGubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) telah melakukan serangkaian pelonggaran kebijakan moneter.

Selain menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate, BI sebelumnya juga sudah menurunkan besaran Giro Wajib Minimum (GWM) guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menjelaskan, bank sentral masih melihat adanya ruang untuk melakukan pelonggaran kebijakan moneter. Pelonggaran tersebut dapat berupa berbagai bentuk, baik kembali menurunkan GWM maupun suku bunga.

"Bisa dalam bentuk berbagai instrumen, baik GWM atau policy rate. Ini bisa kami lakukan setelah kami lakukan kajian indikator ekonomi pada saat nanti RDG (Rapat Dewan Gubernur) pada 18 Februari 2016, kami lihat ada ruang pelonggaran," kata Agus, Rabu (27/1/2016).

Meskipun demikian, bank sentral perlu memperhatikan beberapa kondisi sebelum akhirnya melakukan pelonggaran kebijakan moneter.

Agus menjelaskan, BI memperhatikan kondisi perekonomian global maupun kondisi perekonomian domestik terkini.

"Kondisi global perlu kami perhatikan. Banyak yang katakan tekanan harga minyak menekan harga komoditas. Ekonomi Chna masih akan ada koreksi," terang Agus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

RDG BI pada 14 Januari 2016 lalu memutuskan untuk menurunkan BI Rate sebesar 25 basis poin dari 7,5 persen menjadi 7,25 persen. Adapun suku bunga Deposit Facility berada pada posisi 5,25 persen dan Lending Facility 7,75 persen.

"Keputusan ini sejalan dengan pernyataan BI sebelumnya bahwa ruang pelonggaran kebijakan moneter semakin terbuka terjaganya stabilitas makroekonomi serta mempertimbangkan meredanya kepastian pasar keuangan global Fed Fund Rate," jelas Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.