Kemendag Akan Bikin 'Pasar Online' untuk Potong Mata Rantai Distribusi

Kompas.com - 27/01/2016, 17:55 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong mengatakan, Kementerian Perdagangan akan mengembangkan business aggregator untuk komoditas pertanian, sebagaimana masukan dari Menteri Koodinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Business aggregator tersebut bertujuan untuk menghubungkan antara produsen dan konsumen.

Thomas menjelaskan, ke depan, business aggregator akan dibangun dengan penerapan teknologi informasi dan komunikasi. "Saya kasih contoh, kalau umpamanya lewat aplikasi mobile atau online maka tercipta online marketplace. Di sini semua petani dan peternak di Indonesia terhubung dalam jaringan virtual," terang Thomas, di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Begitu pula dengan pembeli seperti misalnya industri hotel, restoran, dan katering juga akan terkoneksi dengan jaringan ini. Dengan demikian, aplikasi ini akan mengumpulkan banyak produsen dan konsumen.

"Harapannya, itu bisa langsung melewati (menghilangkan) perantara atau penengah. Dengan berkumpulnya banyak pemasok dan pengguna, juga akan ada transparansi harga," kata dia lagi.

Thomas lebih jauh menyampaikan, nantinya pembeli dapat melihat atau memilih komoditas dengan harga penawaran paling murah. Sementar itu produsen atau penjual juga bisa melepas barangnya kepada pembeli dengan harga yang paling menarik, tanpa harus lewat perantara.

"Warisan sistem logistik yang panjang dan njelimet bisa dipotong dengan menggunakan online marketplace. Maka kita kasih banyak perhatian ke e- commerce. Sebab, ini menjadi solusi atas panjangnya rantai pasokan dan njelimetnya sistem distribusi antar-daerah," pungkas Thomas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.