Hari Ini Jonan Resmikan Pengoperasian Kapal Perintis untuk Kepulauan Seribu

Kompas.com - 28/01/2016, 11:00 WIB
ILUSTRASI: Kapal perintis KMP Lema bersandar di Pelabuhan Penyeberangan Arar di Sorong, Papua Barat, Jumat (28/8/2015). KOMPAS.com/Hindra LiauwILUSTRASI: Kapal perintis KMP Lema bersandar di Pelabuhan Penyeberangan Arar di Sorong, Papua Barat, Jumat (28/8/2015).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Kamis (28/1/2016), Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan meresmikan pengoperasian kapal perintis KM Sabuk Nusantara 46. Kapal tersebut akan dioperasikan oleh PT Pelni untuk melayani masyarakat di Kepulauan Seribu.

Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata, peresmian pelayaran perdana kapal perintis KM Sabuk Nusantara 46 akan dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Selain Jonan, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pun dijadwalkan hadir. Nantinya, rute yang akan dilalui KM Sabuk Nusantara 46 adalah Sunda Kelapa (sebagai pelabuhan pangkal) Pulau Untung Jawa Pulau Pramuka Pulau Tidung Pulau Kelapa (pergi pulang/pp).

Kapal perintis tersebut mampu mengangkut penumpang hingga 114 orang. Lantaran sebagai kapal perintis, KM Sabuk Nusantara 46 diberikan subsidi atau Public Service Obligation (PSO) oleh Kementerian Perhubungan sebesar 5,9 miliar rupiah yang berasal dari DIPA pada Satuan Kerja Sunda Kelapa, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub.

Kemenhub berharap KM Sabuk Nusantara 46 dapat memenuhi kebutuhan dan meningkatkan aksesibilitas masyarakat di daerah Kepulauan Seribu dengan tarif yang terjangkau, dan tetap memperhatikan aspek keselamatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.