Kompas.com - 29/01/2016, 17:38 WIB
Ilustrasi: areal tambang batubara KOMPAS/M SUPRIHADIIlustrasi: areal tambang batubara
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak dan komoditas yang menurun memberi dampak besar bagi perusahaan yang bergerak di kedua sektor tersebut. Bahkan, beberapa perusahaan migas terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ribuan karyawannya.

Melempemnya kinerja perusahaan migas tersebut mau tidak mau berdampak kepada performa kredit pada sektor perbankan. Lalu, apakah perbankan juga ikut melakukan lay off alias PHK kepada karyawannya?

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja mengakui, sektor-sektor pertambangan belum mampu menunjukkan pemulihan dalam waktu dekat. Namun begitu, eksposur perseroan terhadap kredit di sektor tersebut sebenarnya tidak terlalu besar.

Dengan demikian, Jahja menyatakan BCA tidak terlalu terkena dampak melemahnya kinerja sektor pertambangan dan migas. Bahkan, perseroan pun tidak melakukan layoff sama sekali terhadap karyawannya. "Kebetulan di pertambangan kita tidak terlalu banyak eksposur. Layoff tidak ada, karena eksposur kita di pertambangan tidak banyak. Sangat kecil dampaknya," kata Jahja di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Selain itu, Jahja menyatakan pula rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) perseroan pun dapat tetap terjaga pada kisaran yang relatif rendah. Ia menyebut, NPL perseroan kini berada di kisaran 0,7 hingga 0,8 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.