5 Perusahaan Ikut Tender Kereta Tanpa Masinis Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 01/02/2016, 11:10 WIB
Mulai Mei 2014 pintu M1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan ditutup terkait pembangunan rel kereta bandara dan terminal tiga ultimate, Kamis (3/4/2014). Yohanes Debrito NeonnubMulai Mei 2014 pintu M1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan ditutup terkait pembangunan rel kereta bandara dan terminal tiga ultimate, Kamis (3/4/2014).
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta tanpa masinis atau fasilitas pemindahan penumpang terintegrasi tiga terminal di Bandara Soekarno-Hatta atau dikenal dengan istilah people mover sudah mulai ditenderkan.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya mengatakan, saat ini ada lima perusahaan yang mengikuti tender proyek senilai Rp 550 miliar tersebut.

Selain tender sarananya, Angkasa Pura II juga tengah menggelar tender untuk prasarananya. Jika ditambah nilai proyek prasarananya, maka total investasi people mover ini mencapai Rp 1 triliun.

"Sekarang dua-duanya sedang ditenderkan. Tapi terpisah," kata Budi di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Sementara itu ditanya perkembangan kereta bandara, Budi mengatakan saat ini proyek yang digarap PT Railink tengah dalam tahap konsinyiasi. Diperkirakan tahapan ini rampung akhir Februari.

Dia bilang, diharapkan PT Railink juga menjadi operator people mover di samping kereta bandara.

"Kita harapkan pada 2017 nanti itu people mover selesai, kereta bandara juga selesai. Dan kita operasikan Terminal 3 ultimate semua," imbuh Budi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.