Kompas.com - 02/02/2016, 11:45 WIB
Lilik Oetama KOMPAS/HERU SRI KUMOROLilik Oetama
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, PT Gramedia Asrimedia atau yang lebih dikenal dengan toko buku Gramedia berulang tahun. Perayaan ulang tahun dilaksanakan di Gedung Kompas, Jl. Palmerah Barat Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Perayaan Ulang tahun ini mengusung tema inspirasi dan diwarnai dengan nuansa budaya Indonesia. Dimulai dari ornamen, dresscode, hingga hidangan yang disajikan pun bernuansa tradisional.

"Tema ulang tahun kali ini adalah menginspirasi. Gramedia menginspirasi karena berhasil bertransformasi dari asalnya yang hanya toko buku, sekarang sudah menjadi toko ritel," ujar CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama, di Jakarta, Selasa (2/1/2016).

Lilik mengatakan bahwa perjalanan Gramedia tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dihadapi, salah satunya adalah digitalisasi.

"Padahal beberapa kalangan sudah agak pesimis melihat tren perkembangan toko buku, tapi Gramedia bisa bertahan," lanjut Lilik.

Di ulang tahun toko Buku Gramedia yang ke-46 ini Lilik berharap agar semangat dan kemajuan yang sudah dicapai oleh Toko Buku Gramedia tetap dipelihara.

"Saya harap kita bisa menjaga, bukan hanya sisi toko atau hardware saja, tapi juga mempersiapkan software, SDM dan pelayanannya. Karena sebuah retail selalu diidentikan dengan pelayanan," papar Lilik.

Pada 2 Februari 1970 lalu, toko buku Gramedia didirikan di Jl. Gajah mada, Jakarta. Sebagai langkah awal, dibuka sebuah toko kecil seluas 25 meter persegi dan hanya menggunakan beberapa meja sebagai lapak.

Toko Buku Gramedia Gajah Mada tersebut masih beroperasi melayani para pelanggannya hingga saat ini. Hingga kini, anak perusahaan dari Kompas Gramedia grup ini sudah memiliki 112 toko yang tersebar di seluruh Indonesia dan memperkerjakan 6.000 karyawan.

Selain itu, toko Gramedia juga saat ini sudah melebarkan bisnisnya bukan hanya menjual buku, tetapi sudah menjamah menjadi toko ritel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.