Kompas.com - 02/02/2016, 18:46 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi
|
EditorM Fajar Marta

LONDON, KOMPAS.com — Perusahaan minyak asal Inggris, BP, mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 7.000 karyawannya. Gelombang PHK ini bergulir setelah BP mengalami kerugian besar pada tahun 2015.

Mengutip CNN Money, Selasa (2/2/2016), BP membukukan kerugian sebesar 5,2 miliar dollar AS. Padahal, pada tahun 2014, perusahaan minyak itu mencatatkan laba sebesar 8,1 miliar dollar AS.

Kerugian ini disebabkan harga minyak dunia yang anjlok secara dramatis, dan biaya terkait kasus di Teluk Meksiko beberapa waktu lalu.

Dengan biaya yang semakin melonjak dan penurunan harga, laba turun 50 persen hingga 5,9 miliar dollar AS. BP adalah perusahaan minyak besar Eropa pertama yang melaporkan kinerja tahun 2015 setelah harga minyak jeblok 35 persen sepanjang 2015.

Capaian perusahaan tersebut lebih buruk dibandingkan perkiraan, dan membuat saham BP di bursa London anjlok lebih dari 8 persen. BP pun berencana merumahkan 7.000 karyawan hingga akhir tahun 2017. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan prediksi yang diumumkan beberapa pekan lalu, yakni 4.000 karyawan.

BP juga harus membayar 12 miliar dollar AS terkait tumpahnya minyak di Teluk Meksiko. Dengan demikian, total biaya yang harus ditanggung BP terkait insiden tersebut mencapai 55,5 miliar dollar AS. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.