Kompas.com - 04/02/2016, 19:06 WIB
Konferensi Pers Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Bank BTN, Kamis (7/1/2016). KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SetiawanKonferensi Pers Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Bank BTN, Kamis (7/1/2016).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berencana melepas atau melakukan "spin off" unit usaha syariahnya (UUS) pada tahun 2017. Sebelum dilepas, unit usaha syariah tersebut akan terus didorong kinerjanya.

Direktur Utama Bank BTN Maryono dalam paparan kinerja di Jakarta, Kamis (4/2/2016) mengatakan spin off usaha syariah sudah diatur dalam peta jalan (roadmap) BUMN yang disusun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Bank BTN, bersama Bank Mandiri, BRI, dan BNI merupakan bank-bank BUMN.

Dalam roadmap tersebut, unit usaha dari Bank BUMN akan berdiri sendiri dan meningkat statusnya menjadi bank syariah. Selanjutnya, akan dibentuk holding yang membawahi bank-bank syariah BUMN.

Menurut Maryono, seiring spin off, Kementerian BUMN juga mengundang investor untuk menanamkam modalnya di bank syariah BUMN. Sebab, untuk menjadi bank yang berdiri sendiri, dibutuhkan modal yang cukup besar.

Berdasarkan laporan keuangan BTN tahun 2015, aset usaha syariah BTN mencapai Rp 13,27 triliun atau meningkat 19,06 persen dibanding tahun sebelumnya yang Rp 11,14 triliun. Penghimpunan dana usaha syariah BTN meningkat Rp 8,75 triliun menjadi Rp 11,11 triliun atau sebesar 26,95 persen.

Pembiayaan usaha syariah tercatat Rp 11,22 triliun atau tumbuh 16,37 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 9,65 triliun. Keuntungan usaha syariah BTN tercatat Rp 260,3 miliar atau tumbuh 28,79 persen dibanding tahun sebelumnya Rp 202,14 miliar.

BTN Perkembangan Laba Unit Usaha Syariah BTN

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.