Bank-bank BUMN Akan Jadi Pelopor Penurunan Suku Bunga Pinjaman

Kompas.com - 06/02/2016, 18:29 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno bersama para direktur utama bank-bank BUMN, Senin (21/12/2015). KOMPAS.com / Yoga SukmanaMenteri BUMN Rini Soemarno bersama para direktur utama bank-bank BUMN, Senin (21/12/2015).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih tingginya suku bunga pinjaman di perbankan dinilai menjadi salah satu penyebab usaha kecil menengah (UKM) sulit tumbuh. Bahkan, Wakil Presiden Jusuf Kalla berkali-kali menyentil bank-bank yang masih menerapkan suku bunga double digit  alias di atas 10 persen.

Pada Jumat (5/2/2016), titik terang muncul setelah Kalla memanggil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno ke kantornya. Kalla ingin semua bank BUMN menjadi pelopor penurunan suku bunga perbankan. "Iya harus semua (Bank BUMN mulai menurunkan suku bunga," ujar Kalla setelah bertemu Rini.

Bak gayung bersambut, Rini memastikan bahwa keempat bank BUMN yakni BRI, Mandiri, BNI, dan BTN siap memenuhi keinginan Wapres. "Tentunya yang bisa dilakukan paling utama memang dengan bank BUMN karena kita sebagai pemain yang kalau kita berempat boleh dikatakan yang terbesar di perbankan nasional," kata Rini

Mengenai besaran penurunan, Rini akan mengupayakan suku bunga pinjaman turun menjadi single digit atau di bawah 10 persen. Keputusan itu tak perlu ditunggu lama, sebab ia menuturkan kebijakan itu akan dilakukan dalam waktu dekat.

Pemerintah berharap, penurunan suku bunga pinjaman di bank-bank BUMN bisa diikuti oleh bank-bank swasta lainnya. "Insya Allah (dalam waktu dekat). Ada beberapa hal yang harus kita detailkan dengan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nanti pak Muliaman (Ketua OJK) juga sedang ke luar negeri, kalau sudah pulang akan kami finalkan," ucap Rini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.