Indeks Fengshui CLSA: Industri Terkait Logam dan Air Menguat di Semester I Tahun Monyet Api

Kompas.com - 08/02/2016, 12:53 WIB
EditorAmir Sodikin
Oleh Joice Tauris Santi

Tahun ini, unsur api menguasai tahun monyet. Unsur api ini menurut ahli fengshui Hongkong, Raymond Lo, sering menjadi pendorong di pasar saham.

Pada umumnya api pun membawa kebahagiaan. Api juga membawa optimisme dan mendorong pasar saham menguat seperti pada 2006 dan 2007. (Baca Tips Investasi: Sektor Industri Apa Saja yang Berkibar di Tahun Monyet Api?

Credit Lyonnais Securities Asia (CLSA), sekuritas di Hongkong yang setiap tahun mengeluarkan Indeks Fengshui, juga optimistis pada Tahun Monyet Api ini. Walaupun pada awal tahun bursa-bursa global mencatatkan kinerja buruk, hal itu tidak akan berlangsung lama.

CLSA menyatakan akan terjadi pembalikan arah pasar setelah terjadi awal yang mengejutkan itu. Seperti dalam pertunjukan opera Peking, biasanya jika ada tokoh monyet yang masuk ke dalam adegan selalu diiringi dengan keramaian.

Demikian pula yang terjadi di pasar saham global. Setelah terjadi keramaian pada awal tahun, situasi berangsur akan menjadi semakin tenang.

Pada Indeks Fengshui edisi ke-22 tahun ini, berbeda dengan perkiraan Lo yang menjagokan sektor api dan air, CLSA memperkirakan industri yang terkait dengan logam dan air akan menguat pada semester pertama dari kalender bulan.

Selain emas dan perak, industri otomotif, keuangan, gim, transportasi, dan mesin akan berkilau, demikian menurut CLSA.

Sementara pada kuartal ketiga, api akan lebih berkobar lagi sehingga para pelaku di sektor telekomunikasi, teknologi, serta minyak dan gas akan ikut menikmati keceriaan tahun monyet.

Sayangnya, si monyet akan mengamuk pada kuartal terakhir menurut kalender bulan, yang berakhir pada 27 Januari 2017.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.