Begini Bentuk "Kekinian" Kementerian Koperasi dan UKM

Kompas.com - 09/02/2016, 20:42 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Di tengah deru kemajuan zaman dan teknologi, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM)  menunjukkan "kekinian"-nya. Kementerian tersebut, sebagaimana catatan yang disampaikan kepada Kompas.com hari ini, Selasa (9/2/2016) mendorong pelaku UKM memasarkan produk melalui sistem perdagangan secara elektronik altau yang lazim dikenal sebagai e-commerce.

Adalah Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Wayan Dipta yang menyampaikan hal itu dalam diskusi tiap bulan Forum Wartawan Koperasi dan UKM. Dalam pertemuan di Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM itu, tema yang diusung adalah "Peluang dan Tantangan Koperasi dan UKM dalam Bisnis E-Commerce".

Lebih lanjut, Wayan mengakui bahwa banyak pelaku UKM memang belum melek UKM. "Ke depan kami dorong agar UKM mempromosikan produk mereka melalui e-commerce ini," katanya.

Melalui sistem e-commerce ini pula, menurutnya, produk-produk UKM tidak hanya bisa bertemu buyer alias pembeli di sekitarnya saja. Pelaku UKM juga bisa menemukan buyer dari luar negeri dengan mudah.

Hadir dalam pertemuan itu untuk memberikan pengalaman adalah Co-Founder dan CFO Bukalapak.com Fajrin Rasyid dan pengamat e-commerce dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Kun Arief Cahyantoro. Diskusi dipandu oleh moderator Syarief Hasan Salampessy dari RRI.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.