Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Melemah, Harga Emas Naik untuk 5 Hari Berturut-turut

Kompas.com - 10/02/2016, 08:09 WIB
CHICAGO, KOMPAS.com - Harga emas berjangka di Divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup naik untuk kelima hari perdagangan berturut-turut pada Selasa (9/2/2016) waktu seteampat (Rabu pagi WIB).

Kenaiakan ini ditopang oleh pelemahan dolar AS dan merahnya bursa saham AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April naik 0,70 dollar AS atau 0,06 persen menjadi 1.198,60 dollar AS per ounce.

Logam mulia mendapat dukungan karena indeks dollar AS dan Dow Jones Industrial Average AS yang keduanya jatuh pada Selasa.

Para analis mencatat ketika pasar saham AS membukukan kerugian, logam mulia biasanya naik karena investor mencari perlindungan yang aman. Sebaliknya, ketika ekuitas Amerika Serikat membukukan keuntungan maka biasanya harga logam mulia turun.

Perdagangan teknis dan ambil untung sempat menekan logam mulia pada Selasa pagi karena emas telah meningkat sangat kuat dalam beberapa hari terakhir dipicu gejolak ekonomi Amerika Serikat, berkaitan dengan penurunan harga minyak yang menurun drastis karena berlimpahnya pasokan dan stok.

Sementara harga perak untuk pengiriman Maret pada Selasa bertambah 2,30 sen atau 0,15 persen menjadi ditutup pada 15,449 dollar AS per ounce. Adapun harga platinum untuk pengiriman April naik 10,7 dollar AS atau 1,15 persen, menjadi ditutup pada 939,40 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com