Menko Perekonomian: PHK Selalu Bisa Terjadi di Dunia Usaha

Kompas.com - 10/02/2016, 13:12 WIB
Menko Perekonomian Darmin Nasution Indra AkuntonoMenko Perekonomian Darmin Nasution
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, beberapa pabrik industri elektronika dikabarkan ditutup, yang menyebabkan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, PHK bukan merupakan sesuatu hal yang dapat diatur. Pasalnya, dunia usaha pasti mengalami dinamika dalam menjalankan bisnis.

"Dunia usaha ada dinamikanya. Ekonomi dunia juga bergerak dan tidak selalu menguntungkan, sehingga selalu saja bisa terjadi suatu perusahaan berganti kepemilkan, melakukan restrukturiasai, itu bagian dari dinamika," kata Darmin di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Gelombang PHK melanda pabrik Panasonic dan Toshiba hingga dikabarkan sebanyak 2.500 karyawan terpaksa dirumahkan.

Selain itu, kabar PHK juga terjadi di beberapa industri otomotif, namun telah diklarifikasi oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bahwa PHK tidak terjadi.

Yang terbaru, PHK dikabarkan juga melanda industri farmasi. Namun, perusahaan yang melakukan PHK disebut adalah perusahaan asing.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.