OJK: Ekonomi Global Melambat, Kinerja Sektor Keuangan RI Positif

Kompas.com - 11/02/2016, 18:06 WIB
Logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) PrimusLogo Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, kondisi pasar keuangan Indonesia tidak bisa terlepas dari tekanan perekonomian global. Meskipun demikian, sejak awal tahun 2016, indikator pasar keuangan global menunjukan perbaikan ke arah yang positif.

"Dari sisi pasar keuangan global dan domestik ada beberapa indikator.Pasar keuangan global dan domestik memang tak lepas dari perekonomian global juga," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida di Hotel Dharmawangsa Jakarta, Kamis (11/02/2016).

Beberapa indikator perekonomian global, kata Nurhaida, masih mengalami ketidakpastian akibat dipertahankannya suku bunga Fed atau Fed fund rate oleh Federal Reserve. Akibatnya, kondisi perekonomian global maupun Indonesia masih mengalami tekanan.

Di Asia, China juga belum menunjukkan perkembangan ekonomi yang baik, khususnya di sektor riil. "Jepang ada kebijakan negatif suku bunga. Kalau Eropa ada kemungkinan ruang stimulus tambahan," tutur Nurhaida.

Namun, Nurhaida memandang kondisi di Indonesia mulai menunjukan perbaikan. Kondisi nilai tukar rupiah hingga Januari 2016 terapresiasi 0,11 persen, sedangkan indeks harga saham gabungan (IHSG) juga tercatat meningkat 0,48 persen.

"Kondisi makro di Indonesia memberikan arah yang cukup porsitif walau belum signifikan dan masih ada perlambatan. Inflow year to date di pasar saham oleh asing mencapai Rp 0,3 triliun. Ini positif dibanding akhir tahun lalu," ungkap Nurhaida.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.