Pesawat Jet Segera Bisa Terbang Langsung dari Jakarta ke Tapanuli Sumut

Kompas.com - 15/02/2016, 17:45 WIB
DIrut Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESDIrut Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dan PT Angkasa Pura II menyepakati kerjasama pemanfaatan tanah untuk kepentingan pengembangan bandara.

Dalam kerja sama tersebut, Angkasa Pura II ditunjuk sebagai operator Bandara Silangit dan mengelola lahan seluas 1.424.400 meter persegi untuk keperluan pengembangan bandara.

Presiden Direktur, PT Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi mengatakan tanah yang berlokasi di Silangit, Pabrik Sabungan, Kecamatan Siborong-borong ini akan dimanfaatkan untuk pengembangan landasan pesawat sehingga mampu dilandasi pesawat jet berkapasitas yang lebih besar.

Rencananya, landasan pacu Bandara Silangit akan diperpanjang menjadi 2,5 km, dari saat ini 2,4 km. Selain itu, runway tersebut akan diperlebar menjadi 45 meter dari saat ini 30 meter.

"Dengan lahan ini, kita akan upgrade bandara, sehingga pesawat yang berukuran menengah bisa mendarat di sana," ujar Budi di Jakarta, Senin (15/2/2016).

Dampaknya, penerbangan dari Jakarta menuju Tapanuli bisa langsung tanpa harus transit di Kualanamu.

Menurut Budi, selama ini masyarakat yang ingin bepergian dari Jakarta ke Tapanuli atau sebaliknya harus transit terlebih dahulu di Kualanamu karena Bandara Silangit tidak mampu menampung pesawat berukuran sedang dan besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tiket menjadi mahal. Tapi kalau dengan pesawat besar bisa langsung dan bisa jadi lebih murah," tambah Budi.

Selain landasan pacu, AP II juga sedang mengembangkan area terminal penumpang. Dengan pengembangan terminal, Budi berharap bisa menambah kapasitas dan daya tampung.

"Di Silangit mampu melayani hingga 20 kali penerbangan sehari. Kalau ditingkatkan dari 100 jadi 150, dengan 20 penerbangan, berarti akan mampu mengangkut 3.000 orang per hari," lanjut Budi.

Perseroan juga akan melakukan pemagaran agar tingkat keamanan Bandara Silangit terjaga.

Sejauh ini, kata Budi, sudah ada beberapa maskapai yang berminat menerbangi bandara Silangit ini.

Beberapa Maskapai tersebut antara lain, Garuda Indonesia, City Link, dan Lion Air. "Sekarang yang sudah beroperasi itu Wing dan Susi Air, yang baru akan masuk itu, Garuda, Citilink dan Lion Air termasuk Batik Air," pungkas Budi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.