Dorong Hilirisasi Industri, Menperin Target 17,8 Juta Penyerapan Tenaga Kerja

Kompas.com - 16/02/2016, 19:30 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan penyerapan tenaga kerja dari sektor industri terus meningkat setiap tahunnya.

Pada 2019, penyerapan tenaga kerja sektor industri ditargetkan mencapai 17,8 juta orang, dari saat ini sekitar 600.000 orang per tahun

Satu satu upaya yang dilakukan yakni mendorong hilirisasi pada industri berbasis agro, mineral, serta migas dan batubara.

"Ini untuk penguatan struktur industri.  Pembangunan industri hulu diintegrasikan dengan industri antara dan industri hilirnya," ujar Menteri Perindustrian Saleh Husin dalam acara rapat kerja Kemenperin di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Selain itu, Kemenperin juga akan mendorong pertumbuhan industri pengolahan non migas sebesar 8,4 persen pada tahun 2019.

Ada juga sasaran meningkatkan kontribusi industri pengolahan non migas terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 19,4 persen pada 2019.

Sementara untuk penggunaan komponen lokal, Saleh mengatakan akan mengawal Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Salah satu sasarannya yakni pada proyek pembangkit listrik 35.000 megawatt.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.