Kompas.com - 18/02/2016, 09:50 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham shutterstockIlustrasi pergerakan harga saham
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diramal masih akan menguat hari ini.

Pendorongnya yakni rendahnya risiko pasar saham global dan kawasan. Selain itu, juga ditopang sentimen kenaikan harga minyak mentah.

David Nathanael, analis First Asia Capital mengatakan, kedua faktor tersebut ditambah dengan sentimen dari dalam negeri yakni ekspektasi turunnya BI rate akan mendorong penguatan IHSG.

"Fokus pasar saat ini tertuju pada hasil Rapat Dewan Gubernur BI (RDGB) yang diperkirakan akan memangkas kembali BI Rate 25 basis poin menjadi 7 persen untuk menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini," kata David, Kamis (18/02/2016).

Menurut estimasi David, IHSG akan bergerak dikisaran support 4.740-4.720 dan resistance 4.790-4.820.

Pada pergadangan kemarin, IHSG kemarin bergerak konsolidasi ditutup menguat terbatas 20,503 poin (0,43 persen) di level 4.765,507.

Perdagangan lebih didominasi saham-saham lapis dua terutama yang bergerak di sektor konsumsi, properti dan perdagangan ritel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

David bilang, penguatan tersebut terjadi lantaran pelaku pasar saat ini tengah menanti hasil rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) yang diperkirakan akan menurunkan BI rate sebesar 25 basis poin.

Sedangkan sentimen dari kawasan Asia, aksi beli tertahan menyusul melemahnya mata uang emerging market terhadap dolar AS termasuk nilai tukar rupiah yang melemah 0,84 persen di Rp 13507.

Pelemahan ini imbas dari langkah PBoC yang memangkas kembali kurs referensi yuan 0,16% kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber KONTAN
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.