Kompas.com - 18/02/2016, 10:40 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Riset Mandiri Sekuritas melakukan pelacakan harga rokok ritel bulanan untuk memahami strategi pricing produsen.

Survei dilakukan pada pekan kedua tiap bulan pada empat toko modern dan dua toko tradisional untuk produk PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), dan Grup Djarum.

"Dalam survei kami kali ini, ada rerata kenaikan harga 2,9 persen MoM pada 16 Februari. Melihat kondisi pasar yang dinamis sekarang, kami lebih memilih GGRM daripada HMSP," kata Matthew Wibowo dari Mandiri Sekuritas.

Alasannya, pertama, eksposur GGRM lebih rendah pada segmen sigaret kretek tangan (SKT).

Alasan kedua, yakni perbandingan valuasi yang lebih murah untuk HMSP (GGRM ditransaksikan pada valuasi diskon 50 persen terhadap valuasi rasio harga saham per laba-PE ratio FY17F HMSP sebesar 36x).

"Kami menilai meskipun brand equity yang kuat dan kinerja SKM yang baik, HMSP masih menghadapi tantangan besar dari penurunan margin segmen SKT yang biasanya tinggi," tambah Matthew. 

Rokok jenis SKT sendiri menyumbang kontribusi pendapatan sebesar 20 persen dan 8 persen bagi masing-masing pendapatan HMSP dan GGRM.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.