Sukuk Negara Ritel SR-008 Ditawarkan dengan Kupon 8,3 Persen

Kompas.com - 18/02/2016, 18:19 WIB
|
EditorM Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menawarkan instruments investasi kepada masyarakat, yaitu Sukuk Negara Ritel seri SR-008, dengan tingkat kupon 8,3 persen.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Robert Pakpahan mengatakan, masyarakat yang berminat bisa membeli SR-008 dengan minimum pemesanan Rp 5 juta dan maksimum pemesanan Rp 5 miliar.

"Masa penawaran dari tanggal 19 Februari sampai 4 Maret 2016. Masyarakat yang berminat membeli Sukuk Negara Ritel seri SR-008 dapat menghubungi 26 agen penjual yang telah ditunjuk pemerintah," kata Robert dalam konferensi pers usai peluncuran Sukuk SR-008 di Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Robert mengatakan, Sukuk Negara Ritel seri SR-008 ini diterbitkan dengan akad Ijarah atau sewa.

Sukuk Negara Ritel seri SR-008 ini dapat diperdagangkan di pasar sekunder (tradable) setelah satu periode kupon.

Pembayaran imbalan atau kupon pertama dilakukan pada 10 April 2016.

Selanjutnya, pembayaran imbalan dilakukan secara bulanan setiap tanggal 10 dalam jumlah tetap (fixed).

"Setelmen atau penerbitannya pada 10 Maret 2016, dengan tenor 3 tahun, sehingga tanggal jatuh temponya 10 Maret 2019," imbuh Robert.

Dia menambahkan, hasil dari penjualan Sukuk Negara Ritel seri SR-008 ini akan digunakan untuk menambal defisit APBN, dan membiayai pembangunan infrastruktur publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.