Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Jababeka Borong 12 Unit Helikopter dari Airbus

Kompas.com - 19/02/2016, 14:47 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - PT Jababeka Tbk berniat untuk membeli 12 unit helikopter H130 dari Airbus Helicopters.  Hal tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandangani kedua pihak di ajang Singapore Airshow 2016, Jumat (19/2/2016).

Helikopter tersebut akan digunakan untuk menyediakan layanan shuttle yang menghubungkan Jakarta dengan lebih dari 100 properti dalam jaringan Jababeka. Layanan ini akan dimulai dari kawasan industri utama Jababeka di Cikarang, Jawa Barat.

"Walaupun Cikarang hanya terletak 25 km dari Jakarta, namun lalu lintasnya bisa memakan waktu hingga tiga sampai empat jam, layanan transportasi pengumpan atau shuttle helikopter ini sudah dibutuhkan sejak lama di Cikarang,” ujar Setyono Djuanda Darmono, Pendiri sekaligus Presiden Direktur Jababeka.

Sementara, Airbus Helicopters Vice President and Head for Sales untuk Asia Tenggara dan Asia Pasifik Fabrice Rochereau mengatakan, “Inisiatif Jababeka untuk memperkenalkan layanan shuttle helikopter di kawasan industrinya akan menjadi contoh bagi industri lain."

"H130 adalah helikopter penumpang yang biasa untuk layanan shuttle antarkota dan wilayah terpencil, karenanya sempurna untuk proyek ini," imbuh Rochereau.

Airbus Airbus Helicopters H130
H130 adalah salah satu produk helikopter kelas ringan bermesin tunggal dari Aribus Helicopters yang mampu mengangkut hingga enam penumpang. Helikopter ini mampu terbang hingga jarak 329 mil laut (610 km) dengan kecepatan maksimal 130 knots atau 240 km/jam di ketinggian jelajah 15.000 kaki/4,7 km di atas permukaan laut.

Tidak disebut berapa nilai MoU antara Jababeka dengan Airbus Helicopters. Namun, di pasaran, saat ini satu unit H130 dibanderol 3,6 juta dollar AS (sekitar Rp 48 miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com