Christine Lagarde Terpilih Kembali Jadi Direktur Eksekutif IMF

Kompas.com - 20/02/2016, 19:47 WIB
|
EditorM Fajar Marta

WASHINGTON, KOMPAS.com - Dewan Eksekutif Dana Moneter Internasional (International Monetery Fund/IMF) Jumat (19/2/2016) memilih Christine Lagarde sebagai Direktur Eksekutif (Managing Director) IMF untuk periode lima tahun kedua.

Lagarde merupakan  satu-satunya kandidat yang dinominasikan untuk posisi tersebut.

"Dewan memuji kepemimpinan yang kuat dan bijaksana dari Lagarde selama masa jabatan pertamanya. Selama krisis ekonomi global, Lagarde memperkuat kemampuan IMF dalam membantu negara-negara anggota IMF. Dia juga telah memainkan peran penting dalam merevitalisasi hubungan IMF dengan anggotanya, termasuk di negara-negara berkembang," kata Ketua Dewan Eksekutif Aleksei Mozhin Jumat (19/2/2016) di Washington AS.

"Ke depan, Dewan berharap Lagarde terus dapat memperkuat IMF dalam melaksanakan tujuannya yakni memastikan stabilitas ekonomi dan keuangan global," tambah Mozhin.

Lagarde pertama kali ditunjuk sebagai Managing Director IMF pada tanggal 5 Juli 2011.

Managing Director, dalam kerjanya dibantu oleh empat Wakil Managing Director dan sekitar 2.700 staf dari 147 negara.

Sebelum menjadi Direktur IMF pada tahun 2011, Lagarde (60) menjabat sebagai Menteri Keuangan dan Menteri Perdagangan Luar Negeri Perancis.

Lagarde merupakan lulusan Institut Studi Politik dan Fakultas Hukum Paris X University.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.