Kompas.com - 20/02/2016, 23:24 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Faisal Basri, ekonom dan politikus kelahiran Bandung, mengapresiasi kinerja pasar saham Indonesia per 17 Februari 2016 (year-to-date).

Ekonom berusia 56 tahun ini, dalam blog-nya, faisalbasri01.wordpress.com, mengutip artikel di majalah Economist terbaru (19/02/2016).

Artikel tersebut menyebutkan, dalam terms dollar AS, kinerja pasar Indonesia naik 5,9 persen dibandingkan dengan indeks akhir 2015.

"Pertumbuhan positif yang lebih tinggi dalam US$ terms dibandingkan dengan dalam rupiah disebabkan oleh nilai tukar rupiah yang menguat (apresiasi)," kutip Faisal.

Lebih lanjut, dia tambahkan bahwa kinerja pasar saham Indonesia sangat dipengaruhi oleh investor asing.

Perkembangan positif dalam dua minggu terakhir diharapkan berlanjut.

"Tidak hanya di pasar saham, tetapi juga diharapkan terjadi di pasar obligasi, dan terutama penanaman modal asing langsung," lanjut Faisal.

Ekonom Universitas Indonesia ini mem-posting apresiasinya melalui jejaring sosial Twitter.

Dia melanjutkan, arus modal masuk asing sangat menentukan stabilitas makroekonomi karena defisit perdagangan barang dan jasa (current account) diperkirakan bakal meningkat.

"Harus pula diantisipasi risiko arus modal keluar dari emerging markets yang diperkirakan bakal terjadi cukup besar walaupun tidak sebesar tahun lalu," tulis Faisal.

Aprillia Ika KInerja pasar saham Indonesia, seperti dikutip dari majalah Economist (19/02/2016).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.