BI: BI Rate dan GWM Sudah Turun, Perbankan Harusnya Turunkan Suku Bunga Pinjaman

Kompas.com - 22/02/2016, 16:19 WIB
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo Kompas/Heru Sri KumoroGubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo
|
EditorM Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate menjadi 7 persen dan Giro Wajib Minimum (GWM) Primer dalam rupiah menjadi 6,5 persen.

Kebijakan ini diharapkan mampu meningkatkan likuiditas dan penyaluran pembiayaan perbankan. (Baca : Semangat Memerangi Suku Bunga Tinggi dan Kebiasaan yang Sulit Diubah)

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menyatakan, dengan diturunkannya BI Rate dan GWM, maka hal ini memungkinkan perbankan untuk dapat mengelola likuiditasnya agar menjadi lebih baik.

Di samping itu, perbankan juga dapat melakukan penyesuaian suku bunga pinjaman.

"Penurunan BI Rate dan GWM itu akan memungkinkan bagi bank untuk mengelola likuiditasnya lebih baik dan dimungkinkan untuk melakukan penyesuaian tingkat bunga pinjaman, dan dimungkinkan untuk ekspansi kredit secara lebih baik," jelas Agus di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (22/2/2016).

Meskipun demikian, ujar Agus, ada faktor-faktor yang perlu diperhatikan, yakni permintaan kredit dari dunia usaha.

Pada tahun 2015 lalu, kata dia, pertumbuhan ekonomi RI banyak didorong oleh pemerintah, baik konsumsi maupun investasi ataupun pembangunan infrastruktur pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita harapkan di 2016 ini ada domestic demand dan pertumbuhan rumah tangga yang lebih baik. Karena secara internasional pasar ekspor masih akan tertekan. Jadi penurunan BI rate dan GWM ini jadi stimulus juga bagi perbankan," ujar Agus.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.