Pemerintah Targetkan Suku Bunga Kredit Korporasi 9 Persen di Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 23/02/2016, 14:27 WIB
Menko Perekonomian Darmin Nasution Indra AkuntonoMenko Perekonomian Darmin Nasution
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan pada akhir tahun 2016 ini suku bunga kredit korporasi bisa di level 9 persen.

"Saya berjanji satu bulan dari sekarang akan bergerak. Kami akan jalankan dukungan langkah-langkahnya, dan di akhir tahun kita akan mewujudkan lending rate 9 persen. Bukan karena diatur," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Selasa (23/2/2016).

Darmin menegaskan, pemerintah tidak akan mengatur suku bunga yang di perbankan. Akan tetapi, pemerintah akan mengatur penyebab tingginya suku bunga perbankan.

(Baca: Tekan Suku Bunga Bank, Ini Langkah-langkah yang Diambil Pemerintah)

"Oleh karena itu, di akhir tahun kita bisa mencapai 9 persen. Enam bulan dari itu kita bisa lebih rendah lagi," ucap Darmin.

Ketika ditanyakan dampak penurunan suku bunga kredit ke pertumbuhan ekonomi dan investasi, Darmin memastikan penurunan suku bunga pinjaman atau kredit akan mendorong tumbuhnya investasi.

"Tidak perlu yang gede-gede, yang kecil-kecil juga. Kalau pemerintah sudah berani buat KUR 9 persen, kita juga pingin buat tingkat bunga perbankan turun," jelas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun suku bunga pinjaman turun, akan tetapi perbankan masih bisa mengecal laba yang maksimal. Sebabnya, penurunan suku bunga kredit ini tidak akan mengubah margin profit bank terlalu signifikan.

"Itu yang didorong turun adalah NIM-nya tidak termasuk profit. Mungkin tidak setinggi sekarang. Kita itu ROE dan ROA perbankan paling tinggi sedunia," pungkas Darmin.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.