Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin-mesin Pesawat Turboprop Lufthansa Akan Diperbaiki di Batam

Kompas.com - 25/02/2016, 11:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur Batam Aero Technic Romdani menyatakan, pihaknya telah menandatangani kerjasama dengan maskapai asal Jerman, Lufthansa untuk melakukan perawatan dan perbaikan mesin pesawat baling-baling atau turboprop.

Dengan demikian, mesin-mesin tersebut akan dibawa ke hanggar Batam Aero Technic di Batam untuk diperbaiki. (Baca : Hanggar Milik Lion Air Jalin Kerja Sama Perbaikan Mesin Pesawat)

Romdani menjelaskan, penandatanganan perjanjian kerjasama telah dilakukan pada tanggal 17 Februari 2016 lalu di ajang Singapore Airshow 2016.

Adapun perjanjian ini berlaku untuk jangka waktu 5 tahun.

"Lufthansa akan membawa fasilitas dan mesinnya ke kita," kata Romdani di hanggar Batam Aero Technic, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (24/2/2016).

Namun demikian, Lufthansa tetap membawa personil pengawas dari Jerman untuk mengamati proses perbaikan.

Selain mengerjakan perbaikan dan perawatan mesin turboprop Lufthansa, Romdani menuturkan Batam Aero Technic pun tetap melakukan perbaikan, perawatan, dan pemeliharaan terhadap pesawat turboprop milik Lion Group.

Ia menyatakan, nilai kerjasama dengan Lufthansa ini berkisar 10 juta dollar AS untuk investasi.

Romdani menjelaskan, alasan Lufthansa menjalin kerjasama dengan pihaknya adalah lantaran upah pekerja di Eropa semakin mahal.

Di sana, para pekerja digaji dengan besaran upah 100 dollar AS per jam.

"Mereka pindah ke sini karena di Eropa buruhnya sudah 100 dollar AS per jam untuk 1 orang, di kita baru sekitar 10 dollar AS. Mereka bisa melakukan penghematan. Kebetulan juga mereka mau mengembangkan tempatnya untuk mesin lain," terang Romdani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com