Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Khawatirkan Ekonomi China, Bursa Shanghai Kembali Melorot 5 Persen

Kompas.com - 25/02/2016, 14:22 WIB
SHANGHAI, KOMPAS.com - Bursa Shanghai anjlok hingga lebih dari 5 persen pada perdagangan siang hari. Investor khawatir terhadap kondisi perekonomian China serta mengetatnya likuiditas.

Shanghai Composite Index melorot 5,06 persen atau 148,24 poin menuju 2.780,66, sebelum pertemuan G20 dimulai di kota kedua terbesar di China ini.

Sementara itu, Shenzhen Composite Index, tumbang 6,46 persen atau minus 121,29 poin di level 1.755,18.

"Kondisi perekonomian China belum menunjukkan tanda-tanda stabil dan kebijakan ekonomi baru satu yang keluar," ujar analis Central China Securities, Zhang Gang sebagaimana dikutip dari AFP, Kamis (25/2/2016).

Perekonomian China tumbuh 6,9 persen sepanjang 2015, dan itu merupakan level terendah dalam 25 tahun terakhir. Para pengambil kebijakan menggunakan pendekatan fiskal maupun moneter untuk menopang pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

Sementara itu para pialang telah mewanti-wanti bahwa mengetatnya likuiditas bakal memberi dampak terhadap perdagangan di lantai bursa.

Terkait dengan itu, bank sentral negara tersebut telah menginjeksi pasar dengan dana sebesar 340 miliar yuan (52 miliar dollar AS) untuk membantu menambah pasokan likuiditas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com