Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepatan KEK Palu Butuh Peran Investor

Kompas.com - 28/02/2016, 08:08 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu memerlukan peran investor lebih besar. 

Berdasarkan data Dewan Kawasan KEK Provinsi Sulteng, baru 2 investor yang positif akan berinvestasi di dalam kawasan KEK Palu. 

"Secara prinsip, Dewan Nasional KEK akan memberikan dukungan optimal bagi setiap KEK," kata Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto dalam siaran pers, Jakarta, Sabtu (27/2/2016). 

Ia juga meminta Pemerintah Provinsi Sulteng dan Pemerintah Kota Palu segera menyelesaikan masterplan pembangunan KEK Palu. 

Sebab, dengan penyelesaian masterplan setiap tenant yang akan berinvestasi di dalam kawasan tersebut dapat dikontrol dengan baik. 

Menurut Konsultan Investasi KEK Palu Leo Chandra, dua investor yang sudah positif menanamkan investasinya yakni Shenniu Mining Indonesia dan PT Mineco dengan nilai investasi masing-masing 100 juta dollar dan 50 kita dollar. 

Sementara itu Gubernur Sulteng Longki Djanggola akan berupaya melibatkan peran swasta untuk aktif mendukung percepatan KEK Palu. 

Hingga saat ini kata Longki, Pemprov Sulteng sudah mengalokasikan anggaran daerah selama 2 tahun untuk membangun beberapa gedung dan jalan serta infrastruktur dalam kawasan KEK Palu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com