Faisal Basri: Pasar Saham Indonesia Terbaik Dua Minggu Berturut-turut

Kompas.com - 29/02/2016, 06:20 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Faisal Basri, ekonom dan politikus kelahiran Bandung, kembali mengapresiasi kinerja pasar saham Indonesia dalam dua minggu berturut-turut.

"Walaupun dalam seminggu terakhir mengalami fluktuasi, indeks saham gabungan di Bursa Efek Indonesia menunjukkan kinerja terbaik di dunia," tulis Faisal melalui blog-nya, faisalbasri01.wordpress.com, yang juga ditautkan ke akun Twitter-nya.

Menurut dia, per 24 Februari 2016 (year-to-date), indeks saham Indonesia mengalami pertumbuhan 4,2 persen dalam US dollar terms. Kali ini Indonesia ditemani Thailand pada posisi teratas.

Sementara minggu lalu, Indonesia juga menduduki posisi teratas, dengan kenaikan indeks 5,9 persen, sedangkan Thailand di posisi kedua.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam rupiah (local currency) indeks saham Indonesia hanya naik 1,4 persen.

"Penguatan rupiah dari Rp 13.504 per dollar AS pada 17 Februari menjadi Rp 13,416 per dollar AS turut membantu kinerja indeks saham dalam US dollar terms," lanjut dia.

Faisal mencatat, rekor tertinggi indeks harga saham gabungan terakhir tercatat pada aras 5.514,787 yang terjadi pada 6 Maret 2015. Kemarin (25 Februari), indeks bertengger di aras 4.658,323.

"Jika kestabilan makroekonomi kian membaik dan nilai tukar rupiah lambat laun menguat, ada harapan indeks saham Indonesia bisa mencetak rekor baru tahun ini," pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.