Kompas.com - 29/02/2016, 18:15 WIB
Ilustrasi bank ShutterstockIlustrasi bank
|
EditorM Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menyatakan kalangan pengusaha amat menginginkan penurunan suku bunga pinjaman atau kredit.

Pasalnya, negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara menerapkan tingkat suku bunga yang jauh lebih rendah.

Negara-negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand telah menerapkan suku bunga kredit satu digit (single digit).

Sementara di Indonesia dari dulu hingga sekarang, suku bunga kredit masih dua digit (double digit).

Mengutip data Bank Dunia, Hariyadi menuturkan perbandingan suku bunga deposito dan kredit sejumlah negara ASEAN. (Lihat grafik)

Bank Dunia/M Fajar Marta Perbandingan Bunga Deposito dan Kredit Negara-negara ASEAN
"Tingkat suku bunga yang berlaku di Indonesia merupakan sebuah anomali," jelas Hariyadi di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (29/2/2016). 

Hariyadi menyebut, selama ini ada pandangan bahwa kredit murah sulit diterapkan di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kenapa suku bunga tidak turun-turun? Nyatanya negara-negara sebelah bisa menyalurkan pembiayaan murah. Kalau memang diciptakan seperti itu maka suku bunga di Indonesia akan selalu tinggi," ujar Hariyadi.

Menyoroti suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI Rate yang dipandang masih tinggi, Hariyadi mempertanyakan patokan penetapan BI Rate.

Menurut dia, suku bunga acuan di Filipina bisa mencapai 1,2 persen dengan inflasi 2 persen.

"Argumentasi apa yang mengatakan BI Rate harus selalu di atas inflasi? Suku bunga acuan negara lain bisa lebih rendah dari inflasinya. Harus ada keberanian melangkah, kalau tidak, maka tidak akan ke mana-mana," terang Hariyadi.

Sebelumnya, Menteri Perkonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah, BI, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah berupaya mendorong penurunan suku bunga kredit dengan berbagai aturan.
(Baca : Semangat Memerangi Suku Bunga Tinggi dan Kebiasaan yang Sulit Diubah)



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.