Kompas.com - 01/03/2016, 06:09 WIB
EditorErlangga Djumena
Oleh Rudiyanto*
@Rudiyanto_zh

KOMPAS.com - Pada tanggal 27 Januari 2016, bersamaan dengan kegiatan Pesta Reksa Dana yang diselenggarakan oleh  Bursa Efek Indonesia (BEI),  Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) meluncurkan program yang disebut dengan Sekolah Reksa Dana APRDI atau program Investor Ready.

Program tersebut merupakan salah satu program edukasi APRDI untuk meningkatkan tingkat pemahaman masyarakat terhadap investasi khususnya tentang reksa dana.

Sesuai dengan namanya – Investor Ready, harapan dari APRDI adalah agar masyarakat tidak hanya  berinvestasi saja, akan tetapi sudah “SIAP” untuk menjadi investor reksa dana.

Menjadi investor reksa dana itu pada dasarnya mudah dan murah karena hanya butuh KTP dan modal Rp 100.000.

Namun menjadi investor yang tetap tenang ketika melihat nilai investasinya menurun, tetap melanjutkan program autodebet meskipun sudah melakukan 2 tahun dan hasilnya belum kelihatan,  tetap tenang membaca berbagai berita ekonomi yang buruk, hal ini sangat membutuhkan kesiapan.

Untuk itulah, APRDI menyelenggarakan Program Investor Ready untuk mempersiapkan investor reksa  dana yang tangguh dan fokus pada tujuan keuangannya.

APRDI adalah asosiasi yang menaungi seluruh pelaku industri  reksa dana mulai dari Manajer Investasi, Bank Kustodian hingga Agen Penjual. Dengan demikian, materi  ini akan dibawakan oleh personel yang ditunjuk oleh APRDI dan memang pakar di bidangnya.

Kelas Investor Ready akan dibawakan dalam 4 kali pertemuan masing-masing 90 – 120 menit dalam 1  hari yang terdiri dari 4 kurikulum, yakni Perencanaan Keuangan, Mengenal Reksa Dana, Pengelolaan Reksa Dana, dan Strategi Investasi.

Adapun pelaksanaan kelas Investor Ready dilakukan pada hari dan jam kerja yaitu dari jam 09.00 – 16.00 WIB di  Kantor Sekretariat APRDI di Gedung Artha Graha.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.